Mengintip Metode untuk Mengatasi Polusi Debu Batubara di Celukan Bawang

Bamz Ola
0 0
Read Time:1 Minute, 23 Second

Polusi debu batubara di Celukan Bawang memang kerap menjadi sorotan. Terkait hal ini, PT General Energy Bali (GEB) memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya.

Sebagai perusahaan yang bergerak di sekor energi, PT GEB tentu tidak ingin menimbulkan kerugian di masyarakat. Oleh sebab itu, PT GEB menerapkan metode yang efektif untuk mengatasi limbah yang dihasilkan oleh PLTU Celukan Bawang.

Cara Menekan Polusi Debu Batubara di Celukan Bawang.

PLTU Celukan Bawang merupakan pembangkit listrik terbesar di Pulau Bali yang dimiliki oleh PT GEB. Mereka dikenal memliki metode tersendiri guna menyelesaikan pencemaran udara yang disebabkan oleh limbah pembakaran batubara.

Pengelola PLTU diketahui memasang teknologi canggih yang berfunsi untuk menekan polutan yang diakibatkan dari pembakaran batubara.

Ada dua teknologi yang dimiliki PT GEB yang dipasangkan pada PLTU. Keduanya yakni Flue Gas Desulphurisation (FGD) dan Electrostatic Precipitator (ESP).

FGD berperan untuk menangkap belerang dan mencegah terjadinya hujan asam. Sedangkan ESP dimanfaatkan untuk menangkap abu dari proses pembakaran hingga 99,5 persen sebelum dikeluarkan melalui cerobong asap.

Asal tau saja, ada dua jenis abu yang dihasilkan oleh pembakaran batubara, yakni Fly Ash dan Bottom Ash. Fly Ash merupakan abu yang berukuran cukup kecil. Sementara Bottom Ash adalah abu yang menempel pada dinding-dinding pipa yang berasal dari sisa pembakaran.

Sampai saat ini, pihak pengelola PLTU telah melaksanakan penanganan dampak lingkungan yang disebabkan oleh pemakaian batubara di PLTU Celukan Bawang dengan sangat baik.

Pasokan batubara disimpan dalam kubah tertutup yang disebut dengan closed coal yard. Kubah ini dilengkapi dengan pemadan kebakaran sendiri alias fire fightening system.

Metode untuk mengatasi polusi debu batubara di Celukan Bawang yang dilakukan oleh pihak pengelola tersebut sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan Lingkungan Hidup yang berlaku di Indonesia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %